Langsung ke konten utama

Mencari Sensasi di Pantai Takari di Lintas Timur Pulau Bangka

pantai-keren-takari-di-bangka
pantai-keren-takari-di-bangka

Pantai ini menawarkan sensasi damai lewat semilir angin hutan-hutan pinus berumur sedang. Pasir putih yang menghampar luas sedang laut di depan berjarak dalam sepuluh langkah kaki. Jika musim Angin Tenggara, angin menerpa cepat ke muka dan seluruh badan dan batang-batang berukuran lengan menahan dan membelokkan alirannya. Yang tersisa dan terasa adalah sepoi angin lembut berpadu bunyi gesekan dahan dan cabang-cabang serta dedauan hutan pinus dari pantai Takari ini.


Ia menciptakan keluangan dan perasaan lapang. Memang, alam sejatinya mampu membelai raga dan jiwa tiap-tiap manusia, memberinya kedamaian itu ketika alam dijadikan sahabat dekatnya.

Itu lah yang ada di Pantai Takari, salah satu pantai indah di kawasan jalan Lintas Timur. Alternatif tempat wisata di kabupaten Bangka bersebelahan dengan kawasan wisata pantai Rebo dan Pantai Tanjung Ratu. 

Sabtu lalu, saya kunjungi wisata ini. Suasana begitu lengang, tak banyak orang
pantai-Takari-Bangka-Belitung
pantai-Takari-Bangka-Belitung
berlalu lalang. Cuaca begitu cerah, hanya ada satu dua kendaraan terparkir, dan satu rombongan pengunjung berkumpul di salah satu pondok. Ada puluhan pondok-pondok berukurang sedang cukup untuk satu keluarga dibangun dan berdiri berjejer. Lokasinya dibelakang hutan pinus sepanjang jalan berpasir lembut.

Bagi saya, pantai Takari menawarkan sensasi perpaduan hutan pinus dan semilir angin pantai. Letak pantai tak jauh disambangi, dan tak dalam sehingga aman untuk pengunjung segala umur.

Letaknya mudah digapai terutama dari Pangkalpinang dan Sungailiat, dan telah tersedia fasilitas air bersih (wc/toilet) dan Musholla. Ada pula ragam wahana bermain bagi anak-anak.

Kekurangannya bisa jadi akses jalan yang masih berpasir, sehingga bisa jadi kurang nyaman bagi kendaraan roda empat. Pasir yang kerap dilindas kendaraan akan halus, dan lambat laun akan menjadi penghalang sempurna bagi roda.

Overall, Pantai Takari bisa menjadi alternatif wisata yang murah meriah. Pada hari weekend, ia ramai dikunjungi dan termasuk favorit bagi masyarakat Bangka. (aksan/babelblog)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.