Langsung ke konten utama

Pohon Mentigi di Pantai Tanjung Tinggi Belitong

pohon-kayu-mentigi-di-pulau-bangka
pohon-kayu-mentigi-di-pulau-bangka
Pohon Mentigi atau Stigi, yang dikenal dengan nama ilmiah Pemphis Acidula, adalah tanaman yang sering ditemui di kawasan pantai pesisir di Indonesia, termasuk di pulau Bangka dan Belitong. Tempo hari ketika berkunjung ke pantai Tanjung Tinggi pulau Belitong, saya tanpa sengaja berjumpa dengan rimbunan pohon Mentigi yang tumbuh perkasa di areal pesisir di pantai tersebut.
Seperti dikutip dari greeners.co, pohon stigi menjadi salah satu tanaman yang dapat dijadikan bonsai. Karakteristik tumbuhan, mulai dari akar, batang, percabangan, daun, bunganya yang khas, ditambah dengan daya tahan tumbuhan dan pertumbuhannya yang lambat menjadikan pohon ini sebagai tumbuhan favorit di kalangan pencinta bonsai, bahkan memiliki harga yang sangat mahal.


akar-kayu-mentigi-di-pantai-tanjung-tinggi
akar-kayu-mentigi-di-pantai-tanjung-tinggi
Ancaman terbesar tumbuhan ini adalah meningkatnya konversi lahan, polusi dan bencana alam. Selain itu penebangan liar juga membuat keberadaan pohon ini semakin susah dijumpai di habitat alaminya. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat mencari pohon stigi karena pohon ini dipercaya dapat menjadi obat herbal alternatif dengan manfaat seperti meredakan rasa sakit, menyembuhkan reumatik dan diabetes, serta meringankan penyakit kanker. Namun manfaat-manfaat klinis ini masih memerlukan kajian yang mendalam. Selain itu, bagi sekelompok orang, batang pohon stigi dipercaya memiliki kekuatan magis.
Maka dari itu, sebagai tumbuhan yang sulit dijumpai, pohon stigi masuk ke dalam salah satu komoditi yang dilindungi oleh pemerintah. Untuk memperolehnya, tidak bisa asal di tebang, harus memiliki surat khusus dan tujuan tertentu yang jelas manfaatnya.
berikut foto-foto pohon Mentigi, semoga dapat memberikan wawasan tersendiri dan kesadaran untuk tetap menjaga kelestarian pantai tanjung Tinggi.
akar-kayu-mentigi-pantai-tanjung-tinggi-bangka
akar-kayu-mentigi-pantai-tanjung-tinggi-bangka

akar-kayu-mentigi-pulau-belitong
akar-kayu-mentigi-pulau-belitong

daun-kayu-mentigi-di-indonesia-bangka
daun-kayu-mentigi-di-indonesia-bangka

daun-pohon-mentigi-di-pulau-bangka
daun-pohon-mentigi-di-pulau-bangka

pohon-mentigi-di-pantai-belitong
pohon-mentigi-di-pantai-belitong

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.