Langsung ke konten utama

Geopark Bangka Belitung, Batu Dinding Belinyu Pulau Bangka

Akhir-akhir ini ramai orang berbicang soal Geopark-geopark-an, meskipun saya sendiri tak tahu dengan pasti apa arti geopark itu sendiri. Bisa jadi untuk menjelaskan konsep sebuah tata letak destinasi wisata, ekonomi atau yang lainnya yang sesuai dengan taman.

Menurut situs wikipedia, Geopark disebut "Taman Bumi," woww...epic banget ni istilahnya. Megah dan agung ternyata konsep geopark ini. Well, secara definisi, wikipedia mengartikannya,

Taman bumi (Geopark)  adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana.

Pertanyaan selanjutnya, apakah ada area di pulau Bangka ini yang "deserve to be " tempat disebut geopark. Apakah Tuing, Pejem, area Gunung Maras, atau kawasan Bakau ?, atau kah ada lagi yang lainnya ?


Soalan ini biarkanlah para ahli dan akademisi juga peneliti yang mumpuni ngurusi. Most important thing is our goverment has a plan for this geopark. At least, it is widely spoken through online and also digital media.

baca juga : Inilah Alasan Berkunjung ke Benteng Penutuk Pulau Lepar, Pantai di Bangka Belitung

Jika boleh sumbang saran, mungkin batu dinding di kecamatan belinyu bisa jadi destinasi wisata yang mengedepankan konsep geopark ini.

Ada banyak alasan dan argumentasi menempatkan batu dinding sebagai kawasan geopark. Biarkanlah waktu yang menjawabnya. Sementara itu, mari kita nikmati pemandangan indah dari lanskap Batu dinding di kecamatan Belinyu ini.

Foto-foto ini update terbaru yang saya ambil pada bulan ini. Ada perubahan dari yang saya lihat pada tahun-tahun sebelumnya. Rumah penjaga sudah rimbun dan hijau. Kita pun bisa bermain-main ke pantai di bawahnya.

enjoy all the pics !!











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.