Selasa, 28 November 2017

Geopark Bangka Belitung, Batu Dinding Belinyu Pulau Bangka

>
Akhir-akhir ini ramai orang berbicang soal Geopark-geopark-an, meskipun saya sendiri tak tahu dengan pasti apa arti geopark itu sendiri. Bisa jadi untuk menjelaskan konsep sebuah tata letak destinasi wisata, ekonomi atau yang lainnya yang sesuai dengan taman.

Menurut situs wikipedia, Geopark disebut "Taman Bumi," woww...epic banget ni istilahnya. Megah dan agung ternyata konsep geopark ini. Well, secara definisi, wikipedia mengartikannya,

Taman bumi (Geopark)  adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana.

Pertanyaan selanjutnya, apakah ada area di pulau Bangka ini yang "deserve to be " tempat disebut geopark. Apakah Tuing, Pejem, area Gunung Maras, atau kawasan Bakau ?, atau kah ada lagi yang lainnya ?


Soalan ini biarkanlah para ahli dan akademisi juga peneliti yang mumpuni ngurusi. Most important thing is our goverment has a plan for this geopark. At least, it is widely spoken through online and also digital media.

baca juga : Inilah Alasan Berkunjung ke Benteng Penutuk Pulau Lepar, Pantai di Bangka Belitung

Jika boleh sumbang saran, mungkin batu dinding di kecamatan belinyu bisa jadi destinasi wisata yang mengedepankan konsep geopark ini.

Ada banyak alasan dan argumentasi menempatkan batu dinding sebagai kawasan geopark. Biarkanlah waktu yang menjawabnya. Sementara itu, mari kita nikmati pemandangan indah dari lanskap Batu dinding di kecamatan Belinyu ini.

Foto-foto ini update terbaru yang saya ambil pada bulan ini. Ada perubahan dari yang saya lihat pada tahun-tahun sebelumnya. Rumah penjaga sudah rimbun dan hijau. Kita pun bisa bermain-main ke pantai di bawahnya.

enjoy all the pics !!











  • i
Posting Komentar