Bandara Bangka Belitung, Depati Amir dengan Desain Internasional

bandara bangka bangka tengah
bandara bangka bangka tengah
Bandara baru yang keren inilah kondisi terkini dari bandara yang ada di propinsi Bangka Belitung. Betapa tidak sejak diresmikan pada 11 Januari kemarin, Bandara Bangka Belitung, Depati Amir mampu memenuhi ekpektasi pengguna terutama masyarakat di Bangka  Belitung untuk bandara yang modern dan canggih. Paling tidak, menurut pandangan penulis ada sejumlah catatan penting dari kehadiran bandara baru ini.
Bandara Depati Amir letaknya dekat dengan ibukota, meskipun dibangun di Pangkalan Baru masuk dalam kabupaten Bangka Tengah, namun bandara ini mampu memberikan daya jangkau yang mudah bagi masyarakat baik di Bangka Tengah, Bangka Induk dan terutama Kota Pangkalpinang. Alhasil, aksessibilitas ini mampu menghantarkan nilai strategis bagi rencana penguatan sektor-sektor lainnya.

Penguatan sektor lainnya ini menurut penulis adalah pada sektor pengembangan pariwisata. Betapa tidak hanya dibutuhkan sekitar 45 menit penerbangan dari Jakarta-Sukarno Hatta ke Pangkalpinang-Depati Amir. Pendeknya waktu tempuh ini membuat Bangka Belitung mudah dijangkau. Selain itu, potensi wisata Bangka yang masih baru tentunya seperti magnet tersendiri bagi pelancong-pelancong baru.
Catatan ketiga adalah, kehadiran Bandara ini seakan menjadi positioning bagi Bangka Belitung sebagai provinsi tujuan wisata baru. Alhasil, sejumlah investor nasional pun mau mengguyurkan dana untuk pembangunan hotel-hotel berbintang, industri spot wisata bermunculan, serta bisnis properti lainnya.
bandara bangka belitung depati amir bangka
bandara bangka belitung depati amir bangka
Bandara baru mempertegas upaya untuk menarik investor luar bagi pengembangan industri di propinsi Bangka Belitung.
Catatan selanjutnya adalah bahwa bandara Bangka Belitung ini mengindikasikan pembangunan nasional cukup merata. Angka yang dikeluarkan untuk pembangunan mencapai 600 milyar ini yang dimulai pembangunannya sejak era Dahlan Iskan menjabat menteri BUMN. Patut disyukuri keberadaan bandara baru ini, yang dilengkapi dengan fasilitas layanan Wifi, kursi malas untuk VIP dengan luas lahan 12.000 m2, ada self -check in untuk mengurai kemacetan ketika antrian dalam masuk bandara yang bisa digunakan oleh pengunjung.
bandara bangka belitung bangka
bandara bangka belitung bangka
Catatan terakhir, mengambil nama Depati Amir, bandara Bangka Belitung ini diharapakan mampu meneladani nilai-nilai kepahlawanan Depati Amir, seorang pejuang bagi rakyat Bangka Belitung melawan penjajah Belanda. Mengusung konsep desain cual di sejumlah ornamen pintu dan dinding. Bandara dengan dua lantai ini mampu menampung 600 calon penumpang.


Semoga kehadiran bandara baru Depati Amir dapat menjadi ikon kemajuan di bumi laskar 
pelangi.
bandara bangka belitung bangka
bandara bangka belitung bangka

Bandara Bangka Belitung, Depati Amir
Bandara Bangka Belitung, Depati Amir 

Komentar