Langsung ke konten utama

Rumah Adat Bangka Belitung, Rumah Melayu Khas di Ujung Selatan Sumatera

rumah adat bangka belitung
rumah adat bangka belitung

Berbicara rumah adat Bangka Belitung, kita akan berbicara mengenai budaya dan adat istiadat yang ada di provinsi Bangka Belitung. Sebab rumah adat pada dasarnya lahir dan berkembang sebagai sebuah produk budaya yang dihasilkan dari konsesus bersama masyarakatnya.



"Begitulah yang terjadi ketika membahas rumah adat Bangka Belitung ini, ada sebuah keunikan dan sejarah tersendiri."

Tidak seperti di pulau Belitong. Memang harus diakui,belum pernah ada penelitian ilmiah yang berhasil membuktikan adanya kerajaan yang berdiri sendiri di pulau Bangka. Sehingga dengan demikian belum bisa dipastikan ada sebuah kebudayaan orisinil yang berkembang di bumi Laskar Pelangi ini. Alhasil, belum berhasil ditemukan secara ilmiah akan sebuah bentuk atau struktur ataupun ornamen bentuk budaya yang khas dari pulau Bangka.

"Namun, dari sejumlah bangunan yang berdiri di bumi Laskar Pelangi ini. Boleh lah kita identifikasi atau inventarisir sejumlah ciri-ciri khas rumah adat Bangka Belitung."

Yang pertama, hasil inventarisir adalah bentuk atap limas. Ini mirip dengan rumah adat melayu Palembang yang terkenal dengan rumah limasnya. Limas dalam bentuk atap rumah adat Bangka Belitung limas sederhana yang terdiri atas dua sisi dipasang dengan derajat kemiringan sedang.

Hasil inventarisir yang kedua adalah berbentuk rumah panggung. Panggung ini bisa jadi sebagai bentuk khas rumah melayu daerah pesisir atau rawa-rawa. Panggung dibuat untuk melindungi rumah agar tidak terendam banjir dan hewan liar. Dikarenakan berbentuk panggung, maka rumah adat melayu Bangka Belitung diperkaya dengan tangga sebagai media untuk penghuni masuk rumah.

Hasil inventarisir ketiga adalah penggunaan teras di depan dan sisi rumah. Ini bisa menjadi pertanda bahwa penghuni ingin menciptakan kondisi kebersaamaan antara penghuni dengan penghuni lainnya atau tetangga lainnya. Teras bisa diartikan sebagai upaya untuk menciptakan kehangatan sesama penghuni rumah.

Demikianlah, karakteristik umum rumah adat Bangka Belitung. Semoga penelitian selanjutnya dapat menginventarisir nilai-nilai dan filosofi rumah adat Bangka Belitung. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.