Jumat, 10 Maret 2017

Rumah Adat Bangka Belitung, Rumah Melayu Khas di Ujung Selatan Sumatera

>
rumah adat bangka belitung
rumah adat bangka belitung

Berbicara rumah adat Bangka Belitung, kita akan berbicara mengenai budaya dan adat istiadat yang ada di provinsi Bangka Belitung. Sebab rumah adat pada dasarnya lahir dan berkembang sebagai sebuah produk budaya yang dihasilkan dari konsesus bersama masyarakatnya.



"Begitulah yang terjadi ketika membahas rumah adat Bangka Belitung ini, ada sebuah keunikan dan sejarah tersendiri."

Tidak seperti di pulau Belitong. Memang harus diakui,belum pernah ada penelitian ilmiah yang berhasil membuktikan adanya kerajaan yang berdiri sendiri di pulau Bangka. Sehingga dengan demikian belum bisa dipastikan ada sebuah kebudayaan orisinil yang berkembang di bumi Laskar Pelangi ini. Alhasil, belum berhasil ditemukan secara ilmiah akan sebuah bentuk atau struktur ataupun ornamen bentuk budaya yang khas dari pulau Bangka.

"Namun, dari sejumlah bangunan yang berdiri di bumi Laskar Pelangi ini. Boleh lah kita identifikasi atau inventarisir sejumlah ciri-ciri khas rumah adat Bangka Belitung."

Yang pertama, hasil inventarisir adalah bentuk atap limas. Ini mirip dengan rumah adat melayu Palembang yang terkenal dengan rumah limasnya. Limas dalam bentuk atap rumah adat Bangka Belitung limas sederhana yang terdiri atas dua sisi dipasang dengan derajat kemiringan sedang.

Hasil inventarisir yang kedua adalah berbentuk rumah panggung. Panggung ini bisa jadi sebagai bentuk khas rumah melayu daerah pesisir atau rawa-rawa. Panggung dibuat untuk melindungi rumah agar tidak terendam banjir dan hewan liar. Dikarenakan berbentuk panggung, maka rumah adat melayu Bangka Belitung diperkaya dengan tangga sebagai media untuk penghuni masuk rumah.

Hasil inventarisir ketiga adalah penggunaan teras di depan dan sisi rumah. Ini bisa menjadi pertanda bahwa penghuni ingin menciptakan kondisi kebersaamaan antara penghuni dengan penghuni lainnya atau tetangga lainnya. Teras bisa diartikan sebagai upaya untuk menciptakan kehangatan sesama penghuni rumah.

Demikianlah, karakteristik umum rumah adat Bangka Belitung. Semoga penelitian selanjutnya dapat menginventarisir nilai-nilai dan filosofi rumah adat Bangka Belitung. ***
  • i
Posting Komentar