Pantai Kutang Lamongan

Pantai Kutang Lamongan
pantai kutang lamongan
Melihat banyak internet user yang ingin mencari tahu mengenai keberadaan dan profil Pantai Kutang Lamongan, maka saya mencoba untuk membagi cerita tentang pantai unik ini yang berada di Kecamatan Labuhan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.  Ia adalah salah satu pantai yang ada di pesisir utara Jawa yang berlokasi di desa Labuhan, Kabupaten Lamongan.

Namanya memang unik dan mengundang penasaran, sebab keberadaan kata “Kutang” disematkan dalam pantai ini. Kok bisa nama organ aksesoris perempuan ini masuk dalam sebuah nama pantai yang harusnya indah dan menarik hati.


Namun baik lah, ini dia profil Pantai Kutang Lamongan, seperti yang saya sadur dari sejumlah sumber internet terutama dari destinasipada.blogspot.co.id.

Sejarah Penamaan Pantai Kutang

Bagi warga Jawa Timur yang dalam kesehariannya selalu menggunakan bahasa Jawa, saat mendengar nama pantai ini pasti langsung tertawa dan merasa heran.

Bagaimana tidak kata “Kutang” yang dalam bahasa Jawa berarti Bra, BH, pakaian dalam untuk wanita. Tenyata ada kisahnya loh, jadi ada sejarahnya di balik pantai tersebut bisa diberi nama Pantai Kutang.

Jadi, menurut pengakuan dari warga sekitar Pantai Kutang, pemberian nama yang tidak lazim tersebut bukan hanya asal-asalan saja. Sebab ada kisah sejarah yang melatarbelakanginya.

Sejarahnya adalah pada masa lalu banyak pasangan muda-mudi yang silih berganti berkunjung ke Pantai Kutang ini ini. Anehnya pada saat pulang mereka meninggalkan berbagai pakaian dalam mereka termasuk juga bra atau kutang di sana.

Dan pada siang harinya banyak penduduk setempat yang menemukan kutang yang tersangkut di pohon mangrove. Dan dari situlah kemudian penduduk setempat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Kutang.


Aktivitas Pariwisata di Pantai Kutang


aktifitas di pantai lamongan
Meski memang pada kenyataannya Pantai Kutang ini terbilang sebagai pantai baru yang masih perawan, dan ditambah lagi oleh masih minimnya fasilitas penunjang aktivitas pariwisata yang tersedia bagi para pengunjungnya.

Hal tersebut membuat Pantai Kutang masih kurang dikenal masyarakat luas dan kurang mendapatkan pengunjung. Namun hal itu juga menjadikan Pantai Kutang ini masih terjaga kelestariannya, bersih dari sampah
Namun belakangan ini Pantai Kutang ini sudah mulai dikenal di kalangan masyarakat luas sebagai salah satu Destinasi Wisata Menarik dan kini sudah banyak pula wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Kutang ini.

Dan uniknya banyak wisatawan yang datang karena merasa sangat penasaran dengan kondisi pantai yang bernama Pantai Kutang Lamongan ini. Nama kutang ini dianggap sebagai nama unik lucu dan penuh tanda tanya untuk sebuah pantai.

baca juga : Empat alasan berkunjung ke pantai Matras pulau Bangka

Namun Pantai Kutang ini tidak hanya sekedar mengandalkan daya tarik namanya saja untuk menarik wisatawan datang, sebab panorama di Pantai Kutang ini memang sangat indah.

Pantai Kutang ini memiliki lamparan pasir putih yang bercampur dengan kerikil-kerikil kecil. Lanskap indah ini juga kian lengkap dengan kehadiran pepohonan hijau yang rimbun di pinggir Pantai Kutang ini
Di Pantai Kutang ini juga banya terdapat ayunan yang di pasang di pepohonan yang bisa kamu gunakan untuk bermain ayunan sambil menikmati penorama pantai yang sangat indah.

Saat air laut surut kamu bisa melihat rumput laut dan bebatuan karang yang indah, dan itulah moment yang tepat untuk mengambil foto dengan latar belakang Pantai Kutang. 

Waktu terbaik lainnya untuk mengambil foto di Pantai Kutang ini adalah pada saat sore hari menjelang waktu magrib yakni saat menjelang sunset.

Sunset di Pantai Kutang ini luar biasa, sebab meskipun Pantai Kutang ini berada di utara tapi matahari dapat terlihat tenggelam di tengah laut yang disebabkan oleh posisinya yang sedikit serong.
Ketika kamu menginjakkan kakimu di Pantai Kutang, kamu akan bisa merasakan bagaimana sensasi berjalan di atas pasir putih yang lembut.

Selain itu, setelah puas bermain di Pantai Kutang, kamu juga dapat menjelajahi hutan mangrove yang lokasi cukup dekat dari lokasi Pantai Kutang Lamongan. (Itupun kalau kamu masih punya tenaga,)

Saat kamu menjelajahi hutan mangrove, kamu bisa merasakan sensasi berbeda dan nyaman di Pantai Kutang, sebab pohon-pohon mangrove bisa menjadi penangkis dari hawa panas yang berasal dari teriknya sinar matahari di kala siang hari.

Rute Jalan Menuju Pantai Kutang Lamongan.

Apabila kamu memiliki rencana untuk berlibur di kabupaten Lamongan, maka sebaiknya kamu juga mengunjungi Pantai Kutang ini, dan sebelum itu kamu juga harus tahu rute Pantai Kutang ini terlebih dulu agar tidak tersesat saat perjalanan menuju sana.

Untuk bisa tiba di lokasi Pantai Kutang Lamongan, maka kamu bisa mengikuti instruksi berikut ini :

Kamu bisa berangkat dari jalan Surabaya/Gresik yang menuju ke arah Tuban.
Dan sekitar 20 km dari Kantor Kecamatan Brondong, kamu akan menemukan perempatan Desa Sidomukti, Brondong.
Disana kamu harus belok ke sebelah kanan.
Setelah itu, kamu akan memasuki perkampungan hingga kamu tiba di Desa Labuhan.

Untuk selanjutnya kamu bisa tanyakan pada warga setempat.

Note : Bila kurang jelas tanyakan saja kepada orang yang kamu temui di jalan atau gunakan aplikasi Google Map.
Fasilitas Penunjang Pariwisata di Pantai Kutang

Tempat Parkir.
Tempat Penginapan.

# Tempat Parkir

Kondisi jalan menuju Pantai Kutang yang terlalu sempit membuat perjalanan untuk menuju lokasi Pantai Kutang ini terasa cukup sulit. Selain itu, saat berada disana, area parkir yang tersedia hanya mampu menampung tidak lebih dari sepuluh mobil saja.

Nah pada saat hari libur, Pantai Kutang akan banyak pengunjung. Oleh sebab itu, untuk area parkir sementara akan diarahkan di tanah kosong milik warga setempat dan para pemuda desa yang akan bertugas mengatur area parkir.

Para pemuda desa setempat akan akan bersedia membantu kamu untuk memarkirkan sepeda motor maupun mobil. kamu hanya cukup membayar sebesar Rp 2000.

Dan uang tersebut nanti akan digunakan untuk membangun mushola desa, dan jembatan desa agar dapat dilalui oleh banyak orang.

# Tempat Penginapan

Sebenarnya tidak ada fasilitas tempat penginapan yang terdapat disekitar Pantai Kutang jika kamu berniat bermalam di sekitar sini. 

Namun di blog lain, ada yang menyarankan untuk menginap di mushola di sekitar pantai, tapi sebaiknya jangan.

Sebaiknya jika kamu sangat perlu untuk mendapatkan tempat penginapan, maka kamu bisa menemukan tempat penginapan terdekat yang ada di daerah Manunggal, Tuban (ada di sekitar situs pemakaman para wali), atau di Paciran, atau di sekitar lokasi Wahana Bahari Lamongan (WBL).

Kekurangan Fasilitas Pantai Kutang

Jalan masuk menuju ke lokasi Pantai Kutang ini hanya melewati jalan setapak yang terdapat di samping musolah. Dan jika bertemu dan berpapasan dengan orang lain maka kamu akan cukup kesulitan untuk lewat.

Tidak ada toilet atau tempat untuk digunakan membilas tubuh setelah puas berbasah-basahan di pantai.

Tidak akan ditemukan para penjual makanan atau minuman di lokasi Pantai Kutang ini. Sehingga kamu harus membawa bekal pada saat datang ke Pantai Kutang.


Peringatan Selama Di Pantai Kutang.

Satu hal yang harus kamu ingat saat berkunjung ke Pantai Kutang ini yaitu untuk selalu menjaga kebersihan agar pantai ini tetap terjaga kebersihan dan kelesatariannya. 

-Jangan Tinggalkan Apapun Kecuali Jejak -

Demikianlah sedikit pembasan dari admin mengenai objek wisata Pantai Kutang. Dan semoga bermanfaat bagi kamu. ***

Komentar