Langsung ke konten utama

Kok Bisa !, di Kaki Gunung Tajam ini ada Penangkaran Mentilin

aula-batu-mentas-belitong
Dua hal yang bikin spesial mengunjungi obyek wisata Batu Mentas di pulau Belitong adalah pesona aliran air yang jernih dan dibuat laksana kolam mandi modern. Satu hal lainnya adalah adanya penangkaran Tarsius yang dibuat dalam kandang alami. Tentu saja, tiada bisa dilupakan suasana kedamaian dan ketenangan yang didapat ketika berkunjung ke tengah hutan gunung Tajam ini.


Tempo hari saya mengunjungi obyek wisata Batu Mentas di kaki Gunung Tajam ini. Jarak ke lokasi dari Tj Pandan menghabiskan waktu sekitar satu jam dengan roda dua. Secara adminstrasi Batu Mentas terletak di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Menembus hutan perbukitan Gunung Tajam dengan jalan beraspal membuat akses ke lokasi sangat mudah. Sampai di parkiran, pengunjung bayar Rp. 10.000 saja untuk menikmati suguhan wisata geo park ini.
batu-mentas-wisata-belitong
Selasar mandi 

Kesan pertama adalah kandang melingkar setinggi sekitar empat meter. Menyatu dengan sejumlah pepohonan yang tumbuh di dalamnya. Tampaknya kandang ini sengaja dibuat menutupi sejumlah pepohonan dimaksud. Setelah bertanya, rupanya inilah kandang Tarsius atau Mentilin, hewan nocturnal khas Bangka Belitung.

Sayangnya saat berkunjung, Mentilin dimaksud melarikan diri dengan mengerat kandang. Ini kata penjaganya setelah kami tampak seperti orang bodoh melihat-lihat dan mencari sekeliling kandang untuk melihat Mentilin dimaksud. Pantas saja, kami tak menemukan hewan kecil ini.

Tarsius
Biarpun tak menemui Tarsius, kami merasa puas menikmati sungai jernih yang mengalir diantara sela-sela bebatuan granit. Sedang pada sebuah sisi, pengelola wisata membangun semacam pemandian lengkap dengan tangga-tangga bersemen. Pengunjung tinggal menceburkan diri ke sungai yang berdasar pasir putih ini.

Tampak ramai pengunjung mandi bersenang-senang dengan ban karet, kacamata renang dan aneka aksesoris mandi lainnya. Kami tak sempat mandi, karena sebelumnya tak ada planning berkunjung ke wisata di kaki Gunung Tajam, sebuah gunung tertinggi di pulau Belitong dengan 510 mdpl.

Namun, kesan saya sangat senang dari kunjungan ini. Sebuah inspirasi tersendiri tentang bagaimana mengelola alam sebagai tempat wisata sekaligus perpaduan pelestarian lingkungan. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.