Empat Alasan Berkunjung ke Objek Wisata Pantai Matras; Pantai Sejuta Umat di Sungailiat Bangka

pantai matras sungailiat bangka
Berbicara tujuan wisata tak lengkap kalau tak bicara Matras. Sebuah pantai yang sangat terkenal sedari dulu. Setidaknya sejak penulis lahir, pantai ini sudah menjadi spot wisata keluarga. Terletak di desa Sinar Baru Kecamatan Sungailiat arah Timur Laut Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari Kota Sungailiat. Ada sejumlah alasan mengapa anda harus mengunjungi Matras.

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, alasan pertama adalah luasnya pantai yang memanjang hingga sekitar tiga kilometer dan lebar hingga sekitar 30 meter. Ukurannya yang besar membuatnya seolah siap menampung keinginan para pengunjung untuk bermain di Pantai. Ada yang bermain bola kaki, voli pantai, mandi, dan aneka games-games seru lainnya. Seluruh area pantai bisa dimanfaatkan sepuasnya.


Alasan kedua adalah putihnya dan halusnya pasir pantai. Pantai ini tidak dipenuhi bebatuan sehingga yang ada adalah pasir putih itu saja. Ini yang bikin pantai ini spesial karena kekhasan pantai pasir putihnya itu. Ia melandai sehingga sangat pas sebagi spot wisata keluarga dan rombongan. Anda bisa bayangkan betapa indahnya pasir putih itu memanjang sejauh tiga kilometer dan melebar dibatasi oleh gelombang kecil yang jernih. 

Rasanya ingin segera mandi menikmati pasir putih itu dan bermain pasir. Lalu kemudian berleha-leha di bawah rimbun pohon ketapang laut atau pohon kelapa yang melambai-lambai itu.

Alasan berikutnya adalah, selain kontur pantai yang luas dan indah itu, disini telah tersedia fasilitas umum bagi pelancong. Sehingga anda tak perlu susah-susah membawa bekal makanan sebab telah berdiri puluhan warung-warung minuman dan makanan. Ada menu seafood seperti ikan dan cumi bakar yang bisa anda santap beramai-ramai. Ada pondok-pondok permanen dan wc umum untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Ada pula kali kecil yang mengalir ke pantai untuk anda yang ingin membasuh muka atau mencuci badan dengan air tawar. Airnya cukup jernih dan sejuk.


Alasan terakhir adalah faktor kedekatan. Dengan roda dua, Pelancong cukup membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari kota Sungailiat dan sekitar 50 menit dari kota Pangkalpinang. Tak heran jika weekend, Matras akan ramai dikunjungi oleh warga dari sejumlah tempat di pulau Bangka, muda mudi dengan bermotor dan rombongan bis wisatawan lokal. Karena pantai ini telah dikelola oleh pemerintah daerah maka ada retribusi tiket masuk sekitar Rp.5000 per kepala.


Sebagai catatan, pantai Matras merupakan kawasan pantai yang berdekatan dengan Pantai Kelayang, Teluk Limau, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Bedaun. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi anda yang suka adventure, menjelajahi kawasan pantai dengan berjalan kaki atau hiking menyusuri perbukitan alami sangat direkomendasikan. (Aksansanjaya).

matras obyek wisata pantai bangka

pantai matras panti sejuta umat bangka

pengunjung wisata pantai matras

pantai unik di pulau bangka matras

Pantai Matras zaman dulu sebelum renovasi

Komentar