Jumat, 06 Januari 2017

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

>
J.G.-Bijdendijk,-hoofd-van-Bangka-tinwinning-te- Muntok,-met-zijn-echtgenote-in-zijn-werkkamer-1929
J.G.-Bijdendijk,-hoofd-van-Bangka-tinwinning-te-
Muntok,-met-zijn-echtgenote-in-zijn-werkkamer-1929

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.

Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Namun saya tak hendak berbicara mengenai fotografi saja. Sebab ada sejumlah foto berikut yang merupakan produk dokumentasi dari masa lalu-besar kemungkinan dari fotografer Belanda yang merupakan penjajah saat itu. Rata-rata foto dimaksud merupakan produk dibawah 1945 an. 

Ada foto gedung yang dulunya merupakan rumah sakit di kota Pangkalpinang, yang kini masih bisa ditemui secara utuh dan masih berfungsi dengan baik hingga kini. Ada pula foto hotel atau losmen dengan arsitektur ornamen tiang-tiang penyangga besarnya. Namun belum diketahui letak gedung ini. Ada juga rumah kepala parit (tambang) di Mentok Bangka Barat. Kondisinya bisa jadi masih bagus saat ini atau sudah tak terurus lagi. Yang menarik ada sekolah untuk warga masyarakat di daerah Belinyu, lengkap dengan foto kelas berikut gurunya.

Silahkan rekan-rekan lihat sendiri dan mulailah mempersepsikan apa cerita dibalik foto-foto berikut. Oh, sebagai informasi foto-foto berikut didapat dari perpustakaan di Belanda. Saya pikir masih banyak dokumentasi yang tersimpan rapi di Belanda tentang kehidupan masa lalu Bangka tempo dulu.****

BARAK-DI-BANGKA-Circa-1895
BARAK-DI-BANGKA-Circa-1895


eddy herman di mentok masa penjajahan di Belanda
eddy herman di mentok

gereja di bangka zaman belanda
gereja

MENUMBING-HOTEL---Bijdendijk--J-G-1931
MENUMBING-HOTEL---Bijdendijk--J-G-1931

Murid-dan-Guru-di-Sekolah-Belinyu-1935
Murid-dan-Guru-di-Sekolah-Belinyu-1935

Rumah-J.-G.-Bijdendijk,-kepala-penambangan-timah-Bangka-ke-Muntok-Bijdendijk,-J.G-Circa-1929.jpg
Rumah-J.-G.-Bijdendijk,-kepala-penambangan-timah-Bangka-ke-Muntok-Bijdendijk,-J.G-Circa-1929.jpg

rumah-sakit-utama-dari-Bangkatinwinning-ke-Pangkalpinang-Timmerman-1947
rumah-sakit-utama-dari-Bangkatinwinning-ke-Pangkalpinang-Timmerman-1947


  • i