Senin, 23 Januari 2017

Ini loh Caranya Kuliah Gratis di UBB, ternyata dengan beasiswa ini

>
Kuliah di Perguruan Tinggi di pulau Bangka tidak perlu biaya besar loh. Terutama jika memilih universitas negeri di bangka Belitung terutama Universitas Bangka Belitung sebagai universitas negeri satu-satunya di Bangka Belitung. Apalagi Pendaftaran universitas bangka Belitung kini sudah dimulai. Sebagai informasi Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi akan dimulai 21 Februari 2017 nanti.


Ternyata untuk kuliah di universitas negeri bisa dilakukan lewat beasiswa bidik misi. Untuk UBB sendiri, peserta beasiswa bidik misi cukup besar. Seperti diungkapkan oleh Ismed Inonu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, bahwa dari 4.000 mahasiswa UBB saat ini  empat puluh persen di antaranya merupakan  penerima bantuan pendidikan atau beasiswa di Ruang Pertemuan Rektorat UBB, Balunijuk tahun 2016 lalu. Penerima beasiswa ini tersebar di sejumlah jurusan universitas bangka belitung

Beasiswa bidik misi akan diberikan kepada mahasiswa sebesar 6 Juta Rupiah / Semester yang terdiri atas 2 Komponen, yakni :
  • Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi, maksimal 40% dari bantuan biaya pendidikan sebesar Rp2.400.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per-semester per-mahasiswa yang digunakan untuk pembayaran biaya pendidikan khusus Bidikmisi
  •  Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa, minimal 60% dari bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 3.600.000,00 (empat juta lima ratus ribu rupiah) per- semester per mahasiswa yang ditetapkan dengan SK Rektor/Direktur/Ketua.

Memang harus diakui beasiswa bidik misi ini merupakan beasiswa yang sangat membantu mahasiswa yang tidak mampu di seluruh Indonesia. Adapun Sasaran program beasiswa bidik misi adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat tahun 2016 dan 2017 yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Sehingga ini merupakan kesempatan yang sangat  baik untuk adik-adik yang ada di pulau Bangka.

Adapun syarat-syarat pendaftaran bidik misi 2017 adalah sebagai berikut :
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
  2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: PTN dengan pilihan seleksi masuk. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); Seleksi mandiri PTN. Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.
Demikian lah informasi mengenai beasiswa bidik misi untuk kuliah di perguruan tinggi,selain beasiswa beasiswa pemprov babel, dan beasiswa bappenas tahun 2016, serta informasi beasiwa mahasiswa unviersitas Bangka Belitung lainnya. Untuk informasi mengenai beasiswa bidik misi untuk kuliah di Bangka Belitung, lihat link berikut ini yah.



  • i