Ingat hal ini, Lima Trik Penting dalam Fotografi Model Telanjang

foto model telanjang bangka alias foto makro
Add caption
Saya jadi teringat suka dan duka menjepret model telanjang ini. Meskipun tak sering, namun pengalaman memberikan pelajaran berharga seputar foto model telanjang ini. Obyek yang bergerak dan terlihat manja membuat sang fotografer harus lebih aktif dan reaktif dalam mengambil foto obyek telanjang ini. Berdasarkan pengalaman sebagai fotografer, berikut trik dan trip atau sebuah pelajaran penting dalam fotografi model telanjang ini.


Trik pertama adalah Kondisi tubuh harus prima. Kondisi tubuh yang fit membuat sang fotografer tidak gelagapan dan stabil posisinya. Kestabilan ini penting dalam mempertahankan pegangan pada kamera sehingga kamera tidak mudah goyang. Hasil akhirnya foto akan tampak tajam. Ini syarat utama sebagai foto yang baik.


Trik kedua adalah Pandangan mata harus fokus. Pandangan yang fokus akan membantu proses setting fokus secara manual, sebab memang disarankan mengambil foto obyek model telanjang di Bangka Belitung dengan lensa manual. Fotografer akan lebih mudah menentukan titik fokus yang akurat. Sebab, penggunaan lensa yang dekat dengan obyek rentan miss fokus sehingga diperlukan mata yang awas dan teliti.

foto model telanjang masyarakat bangka
Trik ketiga adalah kondisi terbaik foto model telanjang adalah pada pagi dan sore hari. Hal ini akan membuat obyek foto dikenai pencahayaan yang terbaik. Cahaya pagi dan sore hari memberikan efek cahaya samping yang bagus dalam menciptakan foto yang dramatis. Berbeda pada siang hari, cahaya sudah tinggi dan terlalu panas, sehingga efek cahaya pada obyek foto makro ini tampak keras. 


Kalau pemotretan pagi dan sore hari, membuat obyek foto tampak lebih lembut.

Trik keempat adalah pilihlah lokasi pemotretan outdoor. Dibanding pemotretan pada dalam ruangan, lokasi luar ruangan kaya akan sinar matahari. Sinar matahari adalah cahaya yang terbaik untuk pemotretan model telanjang ini. Pemotretan di dalam ruangan membuat fotografer sedikit kesulitan dikarenakan keperluan perlengkapan lampu yang cukup ribet.

Dan trik terakhir adalah tentu saja menggunakan lensa Makro. Untuk menciptakan obyek foto makro, diperlukan lensa makro yang terbaik. Jika pun tidak bisa mendapatkan lensa makro yang affordable, maka cukup gunakan ring filter khusus makro. Selain lensa, bisa disandingkan dengan penggunaan flash dengan difuser buatan sendiri agar cahaya tidak terlalu keras. Sehingga obyek tampak sempurna setelah dijepret.

Demikianlah trik foto makro atau model telanjang di pulau Bangka. Semoga bisa mencerahkan dan memberi inspirasi bagi fotografer lainnya. (aksansanjaya)

Komentar