Gak Nyangka...Ternyata Susah Moto Model Telanjang

foto model telanjang bangka alias serangga
foto serangga di bangka belitung
 Foto model telanjang memang susah apalagi di musim penghujan. Kondisi hujan seringkali membuat rencana foto dengan obyek telanjang susah-susah gampang. Apalagi di dunia fotografi di pulau Bangka-dimana sebagai daerah kepulauan-hujan sangat gampang sekali tercurah dari langit. Belum lagi ditambah dengan kondisi obyek foto yang malu-malu tapi mau.



Namun semuanya adalah tantangan tersendiri ketika mengambil foto model telanjang di Bangka.

kesusahan pertama adalah hujan. Hujan membuat kondisi berair. Air yang tercurah menjadikan kontur tanaman basah dan hal ini ditakuti oleh kaum serangga. Yah, sejumlah serangga takut untuk bermain di dahan tanaman karena riskan terjebak dalam genangan air. Selain itu, hujan kadang membuat sumber makanan untuk serangga hilang atau tersapu angin dan air. Sehingga membuat obyek foto makin sedikit bergerak di alam liar.


foto bugil orang bangka
Add caption
Selain itu, memotret obyek kecil seperti capung kadangkala butuh kesabaran tinggi. Untuk foto obyek di Bangka Belitung kondisi angin terkadang membuat tanaman bergoyang-goyang sehingga membuat serangga sering bergerak cepat dan singkat. Hal ini membuat fotografer gampang missfokus ketika menjepret obyek yang bergerak ini.  

Terakhir, serangga yang memang pada dasarnya obyek telanjang ini adalah makhluk yang sensitif terhadap gerakan tertentu. Ketika fotografer mendekat dalam jarak yang beberapa centimeter, hal ini rentan memicu serangga untuk mengaktifkan alarm bahaya berupa pertahanan diri. Bentuk pertahanan diri inilah yang membuat mereka melarikan diri, atau paling tidak bersembunyi di sela-sela dahan dan dedaunan sehingga membuat mereka tampak malu-malu.

Demikianlah kesusahan memfoto obyek makro ini. Serangga dan ngengat yang hidup di alam liar Bangka Belitung, pada dasarnya adalah model atau obyek foto yang tidak berbaju alias telanjang. Foto makro memang mengasikkan namun harus sabar dan telaten. (aksansanjaya)

Komentar