Langsung ke konten utama

Begini Rasanya Tinggal di Amerika, 6 Minggu di Kansas University





Akhirnya, satu bulan lebih lewat, dan kami harus meninggalkan Lawrence, dimana Kansas University berada. Sebuah kota kecil dan universitas yang sama-sama indah dan megah.

Rasanya tak ingin berpisah ketika Rabu, 13 Agustus tiba, hari terakhir bagi kami sebagai peserta Pre Academic Program Kansas University. Sejak dimulai 29 Juni lalu, enam minggu lamanya 21 peserta dari berbagai negara digembleng dalam satu rasa dan satu asa, sehingga tak bisa dipungkiri kami terikat secara emosi satu sama lain. Sehingga ketika Rabu terakhir itu tiba, ada sedih terasa. Masing-masing akan terbang menuju universitasnya masing-masing yang tentu saja tersebar di seluruh kota di US.


Bicara enam minggu di Lawrence, Kansas adalah tentang langkah pertama menginjakkan kaki di Amerika. Jujur saja, saya mendapatkan memori yang indah disini. Meskipun saya tak meniadakan pengalaman tak nyaman semisal, harus membiasakan makanan yang berbeda dengan lidah. Atau, membiasakan diri jalan kaki, dan berpuasa satu bulan lamanya di tengah musim panas menjelang. Tapi saya anggap itu cerita tentang adaptasi saja. 


Ada banyak kegiatan yang tersusun rapi sehingga saya yakin, itu menjadi sejarah tersendiri bagi teman-teman lain tak terkecuali saya. Mengunjungi beragam museum, plesir ke kota kecil US, menikmati lebaran bersama, mengunjungi donwtown, ikut merayakan hari kemerdekaan US dan lihat kembang api dan segala hal di dalamnya.

Yang bikin semuanya indah adalah bersama. yah karena ada kebersamaan bikin semua hal diatas jadi memorable. Ia akan lengket dan terpatri di hati-hati kawan. Meskipun, cuma enam bulan, tapi saya yakin ia menjadi penyambung bagi pertemanan yang selanjutnya.

Program itu tak cuma mengajarkan kami berkomunikasi dan sistem pendidikan US, tapi merekatkan perbedaan. Ini lah yang mungkin menjadi dasar dari semuanya. Semoga, akan ada lain kesempatan untuk bersama-sama.

"Jika ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi, jika ada umur kita panjang bolehlah kita bersua kembali"

God luck all.

on campus bus-downtwon

Fraser Building-one of old buildings in KU

The Hill-mereka sebut KU, pantas saja berada di atas bukit



KU dari sisi mata burung


Komentar

Unknown mengatakan…
Terimakasih infonya :)
Obat Asam Lambung Anak

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.