Rabu, 04 Juni 2014

Padepokan Tiga Agama di Kaki bukit Rebo

>

Pemandangan Pagoda dari bawah
Padepokan ini bisa menjadi icon wisata baru di Sungailiat. Letaknya yang berada diatas perbukitan, membuatnya seolah menjulang ke angkasa. Diantara perbukitan Jalan Pantai Tikus Rebo – Sungailiat, warna merah tua atapnya kontras dengan hijau pepohonan. Ditambah jalan aspal menuju bangunan ini lebih rendah, sehingga pengunjung melihatnya makin megah dan gagah.


Ada yang menamakannya pagoda, kuil, kelenteng atau vihara. Sejauh ini belum ada informasi pasti mengenai nama bangunan ini. Informasi singkat, bangunan ini dibangun oleh yayasan beretnis Tiong hoa, Yayasan Bangka Jaya Lestari. Bangunan itu disebut Padepokan Kebudayaan Bangka dibangun sejak sekitar 2008 silam.  



Mungkin penamaan padepokan ini untuk menggambarkan keragaman esensi religi didalamnya, sebab di dalam gedung akan ditemui tiga patung Kung Fu Tze , Buddha Gautama  dan Lao Tzi, ketiganya adalah pendiri Khonghucu,Buddha, dan Tao.


Kini pembangunannya mencapai 95 persen, terdiri atas tiga lantai. Padepokan ini dihiasi ornamen bertema Tionghoa, relief patung naga pada pintu masuk. Relief bunga teratai pada lantai dan langit-langit. Ada permainan warna-warna cerah, merah pada tiang-tiang penyangga, warna kream dan coklat muda pada langit-langit. Padepokan ini kelilingnya bundar, dipagari beton bercorak berwarna putih. Sedang halaman luasnya diisi dengan paving blok, dan dipercantik dengan patung Buddha di pintu halaman.


Para pengunjung dapat menaiki tangga beton yang tersusun indah dengan lebar dua meter dari bawah, atau dapat pula menaiki kendaraan hingga ke atas, lewat jalan aspal yang tersedia. Padepokan ini lingkungannya tertata rapi dengan penataan rumput, bebatuan granit dan pohon yang alami dan estetis.


Selain, berada diperbukitan, letaknya yang menghadap laut Cina Selatan juga menjadi magnet bagi pelancong. Anda harus mengunjungi padepokan ini. Disarankan sore dan pagi hari, ketika cuaca tak begitu terik. (aksansanjaya) 

 
Padepokan tampak belakang
Alami diantara pemandangan lautan dan hijau pepohonan
Interior Padepokan didominasi tiang-tiang berwarna merah dihiasai lantai marmer


Pemandangan yang menghadap laut cina selatan


Penataan taman yang menarik



  • i
Posting Komentar