Langsung ke konten utama

Mampir di Pantai Air Anyir


 
pondok aik anyerr

Pantai yang terletak di desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka ini menawarkan pantai berpasir putih yang luas dan landai. Berjarak ±15 km dari kota Sungailiat dan 10 km dari Pangkalpinang, ia sering dikunjungi wisatawan lokal karena letaknya yang cukup dekat itu.



Sering menjadi tempat dari ritual budaya Rebo Kasan, yakni ritual yang dilakukan oleh masyarakat Air Anyir tiap tahun sebagai ucapan syukur dan do'a kepada Tuhan YME sebelum pergi ke laut untuk mencari ikan.

Pantai ini selain luas dan landai, juga diwarnai sekumpulan bebatuan karang. Bergerombol dan berpencar dalam jarak yang dekat. Dihinggapi teritip, sejenis hewan laut bercangkang keras yang hidup di batu-batu pantai. 

Saya mengabadikan momen sore hari di Air Anyir dengan kamera Nikon D7100 dan 10-24 mm nikkor. Beberapa foto saya coba dengan teknik slow speed, meskipun masih tak maksimal hasilnya. Beberapa ada yang tak begitu tajam.

Saya mencoba untuk menggambarkan, salah satu objek wisata pantai di kawasan jalan Lingkar Timur. Jika anda melewati jalan ini, tak ada salahnya jika mencoba mampir dan menikmati sepoi angin pantai. Sambil bercengkerama dengan kawan atau sanak saudara di pondok-pondok sewaan. Fasilitas Musholla, MCK dan kantin telah tersedia.



bebatuan pantai

senja aik anyer

pantai luas

landsacape sore hari

bebatuan pantai


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.