Langsung ke konten utama

Hijaunya Taman Kota Pangkalpinang

 
Taman Kota Pangkalpinang

Taman Merdeka Pangkalpinang adalah sebuah taman kota peninggalan Belanda yang masih tersisa hingga kini. Keberadaanya sejak masa penjajahan Belanda. Pada tahun 1814 Inggris menyerahkan pengelolaan pulau Bangka ke tangan Belanda berdasarkan Traktat London yang dilakukan oleh M. H Court yang mewakili Inggris dan K. Heynes yang mewakili Kerajaan Belanda. 
 

Pejabat Residen pertama Pangkalpinang adalah A.J.N Engelenberg. Belanda menjadikan Pangkalpinang sebagai ibukota keresidenan Bangka dengan Gedung Residen yang berdiri tepat didepan Taman Merdeka. Sudah semenjak dahulu lahan didepan Gedung Residen ini difungsikan sebagai alun-alun kota. 


Meskipun secuil luasnya, namun keberadaan hutan kota ini semacam oase bagi masyarakat dari panasnya iklim tropis Pangkalpinang Bangka Belitung. Dikelilingi empat ruas jalan, seolah memberi akses mudah bagi siapa saja untuk menikmati semilir angin disekitaran.
Pohon-pohon besar, dan suara burung memberi kenikmatan tersendiri bagi pelancong atau seseorang yang sedang membutuhkan kesunyian sesaat. 

Selain destinasi hijau, Taman ini kerap dimanfaatkan sebagai venue olahraga voli, perlombaan burung, ataupun kegiatan seremoni institusi bertaraf sedang. Saya pikir, keberadaan taman kota ini perlu dipertahankan dan direfresh dengan penanaman kembali pohon muda. Sehingga, dapat menggantikan sejumlah pohon tua. Selain itu, penataan taman juga perlu diperhatikan.
Selain, alun-alun kota depan rumah Walikota itu, taman Merdeka patutlah menjadi icon tersendiri bagi kota Pangkalpinang. (aksansanjaya)






suasana jalan sekitar taman

sarana olahraga

fasilitas taman

Tugu Merdeka

bermain voli


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.