Langsung ke konten utama

Sunny day at Tanjung Pendam





































Belitung, masyarakat lebih suka menyebutnya Belitong adalah pulau yang eksotik. Hamparan pantai dan gugusan pulau kecil di sekitaran pantai Tanjung Tinggi hingga Batu Berahu adalah magnet bagi wisatawan dalam dan luar daerah. Selain kawasan wisata Tanjung Tinggi, sebenarnya ada Tanjung Pendam, spot wisata yang indah.  Spot ini dekat dengan pusat kota Tanjung Pandan.
Pantai Tanjung Pendam adalah pantai yang luas dan memanjang. Kontur didominasi pasir putih. Jarang ditemui bebatuan granit di lokasi ini.  Seluas mata memandang hingga ke horizon, yang tampak adalah air laut jernih dan birunya laut.

Namun yang bikin khas adalah, lokasinya dekat dengan kota.  Dari pusat kota, tugu Satam ke pantai tanjung pendam sekitar satu kilometer saja.  Bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang menginap di seputaran Kota Tanjungpandan cukup berjalan kaki menuju pantai ini.


Yang bikin tambah menarik adalah, jika cuaca cerah, pengunjung akan dapat menikmati matahari terbenam (sunset). Hal yang sulit anda temui di kota-kota lain di provinsi Bangka Belitung. Pengunjung dapat duduk-duduk santai menikmat senja, sembari menikmati matahari turun perlahan-lahan ke ufuk. Gradasi jingga dan kuning langit memberi imaji tak berperi. Belum lagi ketika Surya itu bersisi dengan Kalamoa, pulau kecil didepan Pantai. Ada siluet yang amazing.

Karena termasuk dekat bahkan bagian dari kota Tanjung Pandan, Pantai Tanjung Pendam merupakan tempat yang ramai. Ia semacam tempat nongkrong muda-mudi. Sejumlah restoran dan warung makan minum bermunculan. Ada area public seperti lapangan hijau, jogging track dan tempat duduk permanen. Menikmati suasana malam sambil makan malam aneka masakan Belitung, seperti ganggan dan otak-otak akan membuai jiwa.

Masuk ke Tanjung Pendam, tidak sampai lima ribu rupiah saja. Selain itu tidak jauh dari lokasi Pantai Tanjung pendam terdapat objek wisata sejarah seperti Rumah Tuan Kuase dan masjid tua zaman dahulu. 

Karena jalan ini termasuk awal menuju obyek wisata Tanjung Tinggi, maka sejumlah penginapan dan hotel dari bintang dua hingga empat bermunculan. Bagi pelancong, menikmati suasana Tanjung Pendam adalah awal dari petualangan ke obyek wisata dari bumi Laskar Pelangi ini. (aksansanjaya)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.