Kamis, 27 Juni 2013

Sunny day at Tanjung Pendam

>



































Belitung, masyarakat lebih suka menyebutnya Belitong adalah pulau yang eksotik. Hamparan pantai dan gugusan pulau kecil di sekitaran pantai Tanjung Tinggi hingga Batu Berahu adalah magnet bagi wisatawan dalam dan luar daerah. Selain kawasan wisata Tanjung Tinggi, sebenarnya ada Tanjung Pendam, spot wisata yang indah.  Spot ini dekat dengan pusat kota Tanjung Pandan.
Pantai Tanjung Pendam adalah pantai yang luas dan memanjang. Kontur didominasi pasir putih. Jarang ditemui bebatuan granit di lokasi ini.  Seluas mata memandang hingga ke horizon, yang tampak adalah air laut jernih dan birunya laut.

Namun yang bikin khas adalah, lokasinya dekat dengan kota.  Dari pusat kota, tugu Satam ke pantai tanjung pendam sekitar satu kilometer saja.  Bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang menginap di seputaran Kota Tanjungpandan cukup berjalan kaki menuju pantai ini.


Yang bikin tambah menarik adalah, jika cuaca cerah, pengunjung akan dapat menikmati matahari terbenam (sunset). Hal yang sulit anda temui di kota-kota lain di provinsi Bangka Belitung. Pengunjung dapat duduk-duduk santai menikmat senja, sembari menikmati matahari turun perlahan-lahan ke ufuk. Gradasi jingga dan kuning langit memberi imaji tak berperi. Belum lagi ketika Surya itu bersisi dengan Kalamoa, pulau kecil didepan Pantai. Ada siluet yang amazing.

Karena termasuk dekat bahkan bagian dari kota Tanjung Pandan, Pantai Tanjung Pendam merupakan tempat yang ramai. Ia semacam tempat nongkrong muda-mudi. Sejumlah restoran dan warung makan minum bermunculan. Ada area public seperti lapangan hijau, jogging track dan tempat duduk permanen. Menikmati suasana malam sambil makan malam aneka masakan Belitung, seperti ganggan dan otak-otak akan membuai jiwa.

Masuk ke Tanjung Pendam, tidak sampai lima ribu rupiah saja. Selain itu tidak jauh dari lokasi Pantai Tanjung pendam terdapat objek wisata sejarah seperti Rumah Tuan Kuase dan masjid tua zaman dahulu. 

Karena jalan ini termasuk awal menuju obyek wisata Tanjung Tinggi, maka sejumlah penginapan dan hotel dari bintang dua hingga empat bermunculan. Bagi pelancong, menikmati suasana Tanjung Pendam adalah awal dari petualangan ke obyek wisata dari bumi Laskar Pelangi ini. (aksansanjaya)




  • i
Posting Komentar