Langsung ke konten utama

Komposisi Foto untuk Lokasi Pemotretan yang Sempit

foto 1 model Aulia
Saya melihat ada komposisi di foto berikut ini, ada semacam keseimbangan, perpaduan lembut dan keras, tone sengaja dibikin hangat, biar kesan keras terasa.. pemotretan dilakukan pada sore hari di kawasan Ruko baru, SUTOS di Sungailiat Bangka.

Waktunya sekitar sore hari pada pukul lima sore.cuaca begitu cerah dan matahari sore bersinar tanpa halangan awan. kostum sederhana. casual punya. tanpa make up berlebihan. memang konsepnya standar.



Saya menggunakan satu buah flash dengan trigger pt 04. tidak telalu maksimal, sebab hendak memaksimalkan ambiance light yang ada. Flash hanya sebagai fill in  saja. Lokasi nya tidak terlalu ramai. jadi ini sebuah lapangan saja yang terdiri dari gedung.

Namun dibalik itu, saya memperhatikan ada rimbun tanaman merambat yang muncul dari balik pagar bata. sedangkan dibawahnya ada semacam tempat genset. yang terbuat dari bata. ini jadi semacam lokasi yang menarik.

Saya mengarahkan model untuk berpose memanfaatkan elemen ini. beginilah hasilnya. saya cukup puas dengan hasilnya, sebab ternyata ada kekuatan pada kompisisinya. meski ini sederhana dan minim editing. Editing saya lakukan di fotoshop dengan bantuan plug in, nick color effect dengan tambahan dodging dan burning.

Semoga bisa dinikmati, komentarnya ditunggu. (aksansanjaya)


memanfaatkan ambiance

flash sebagai fill ini sebelah kanan

komposisi foto

Komentar

Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan…
bagus, gan... kunjungan perdana nih ditunggu kunjungan baliknya... nih
winaldi mengatakan…
the powefull tone, i like you photo. how we create a website about photograpy for your island
Anonim mengatakan…
Y at-il un moyen de signaler un site Web pour avoir violé le droit d'auteur des articles et des images?

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.