Langsung ke konten utama

Granit sebesar Rumah di Teluk Limau

Pantai Teluk Limau di Sungailiat Bangka Belitung bukan hanya teluk itu sendiri, namun memanjang ke arah pantai Kelayang.  Cekungan yang terlindung oleh bebatuan granit menjadi sandaran perahu nelayan sekitar. Untuk berlabuh dan menambatkan jangkar. Sebuah teluk kecil tapi mampu menghalau gelombang pasang.

Dan Teluk Limau bukan hanya teluk itu sendiri, namun memanjang ia hingga ke Kelayang sebuah pantai berpasir putih. Jika dilanjutkan ia akan memanjang hingga ke gundukan bebatuan karang pemisah dengan Pantai Matras.

Pantai disebelah Teluk Limau ini lah yang menawarkan pesona alam tersendiri. Sebuah areal tak berapa luas, namun ia diperkaya dengan bebatuan granit yang super besar. Ada yang sebesar rumah. Membentuk khazanah tersendiri. Areal magis bagi pelancong yang mendamba kesunyian sesaat sambil menikmati beningnya air laut.


Batu granit sebesar rumah itu tak jauh dari areal ini. Arah barat dari Teluk Limau. Areal ini belum dinamai sebab ia berada di tengah-tengah antara Kelayang dan Limau. Namun boleh dikata ia masuk dalam kawasan Teluk Limau.

Kalau dibandingkan dengan tinggi orang dewasa, batu granit super tersebut kira-kira tiga kali tingginya dan lebarnya, hampir empat meter. Selain itu, dijumpai juga sejumlah bebatuan granit lainnya membentuk ornament khas tropis. Khas Bangka sebagai provinsi Kepulauan.

Bagi fotografer landscape, lokasi ini dapat menjadi favorit. Penggunaan teknik pemotretan slow speed akan memberi foto yang amazing. Disarankan untuk mengunjungi ketika pagi hari, sebab matahari bersinar dari arah timur langsung menghadap arah pantai. Jika ingin lebih, boleh melakukan hunting di pagi hari, guna mendapatkan sunrise.

Bagi penikmat wisata adventure, lokasi ini sangat cocok sekali. Alamnya masih alami. Jika suka berjalan, perjalanan susur pantai akan menjadi pengalaman tersendiri. Perjalanan bisa dimulai dari pantai Parai Tenggiri, kawasan wisata El Jhon, lalu lanjut menuju ke Teluk Limau kemudian Kelayang dan berakhir di Pantai Matras. 

Kombinasi perbukitan, pantai dan bebatuan akan cukup menguras tenaga. Namun saya yakin bagi anda penyuka fotografi plus adventure, spot-spot wisata seperti ini yang suka anda kunjungi. Panjang rutenya sekitar delapan kilometer. 

Jika anda berminat untuk melakukan kunjungan ini, silahkan kontak nomor saya seperti posting sebelumnya.  081918927509 , atau add PIN BB 27BBCED8

Komentar

Unknown mengatakan…
wah bagussss sekali itu sungai liat teluk limau anugerah alam terindah harus selalu dijaga keasrianya tentunya
Unknown mengatakan…
bagus sekali ya bangka indah sekali alam babel sangat mempesona semoga bisa dijaga kelestarian alamnya
Cream Pemutih Wajah mengatakan…
postingan yang bagus tentang Granit sebesar Rumah di Teluk Limau
sapta toni mengatakan…
Bangka belitung adalah pusat granite di bumi

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.