Langsung ke konten utama

Sunset di Pantai Putat Belinyu Pulau Bangka

Belinyu, untuk ke sekian kali mengunjunginya seakan tak ada bosannya. Bukan sekali dua, namun seolah Belinyu selalu menyimpan pesona tersendiri. Sebuah magnet dari Utara Pulau Bangka. Menohok hati ke tempat terjauh, seolah memanggil selalu untuk kembali.

Selain remahnya otak-otak ikan panggang itu. Atau Kemplang dan aneka produk penganan berbahan ikan air laut segar. Pantainya menawarkan pesona tersendiri. Beragam lokasi pantai seolah surga tersembunyi.


Sunset di Pantai Putat Belinyu Pulau Bangka
Sunset pantai Putat dari sela pepohonan bakau


Ada pantai yang dekat, Pantai Putat, Tanjung Gudang, Pantai Lepar dan Batu Dinding. Air lautnya rata-rata jernih dan berbatu. Ada yang cukup jauh namun tak kalah indahnya, semacam Pantai Penyusuk lengkap dengan paket tiga pulaunya yang terhampar di depan pantai berbentuk tanjung ini. Ada pula Romodong yang khas entri masuknya diapit gapura alami, dua batu besar teronggok mengapit jalan.

Semuanya terasa lengkap dengan pesona matahari tenggelam. Momen yang tak bisa dirasakan secara maksimal di setiap daerah. Sepengetahuan saya, cuma Mentok dan Belinyu yang dapat anugerah ini.

Anda boleh berkunjung dan melewati waktu bersama orang tercinta. Sekedar kuliner atau wisata satu hari penuh. Untuk menjelajahi kota Belinyu. sebuah distrik yang dulu pernah ada di jaman Belanda.

Kota tua lengkap dengan rumah-rumah Belanda. Kantor kantor perusahan Timah Belanda. Tentu saja, menikmati kearifan lokalnya. Dan sebuah momen berharga, sunset di sore hari. 

Kali ini, saya berjodoh dengan cuaca yang pas. Meski hujan melanda setiba di Belinyu pada sore sekitar pukul 16.00, namun alam berkata lain. Ketika pukul 5.00 sore, niat kami tersampaikan. Sunset muncul disela-sela awan mendung. Putat adalah lokasi yang dipilih mengingat jaraknya yang dekat. 

Pun lokasi ini sangatlah keren. Bebatuan kecil serta perahu nelayan tampak muncul diatas air. Warna orange di pukul 5 lewat semakin memerah ketika matahari beranjak turun hingga tenggelam. Air laut tampak pasang tenang. Kali ini kami beruntung. Luar biasa dan momen itu tentu saja terekam dalam kamera yang sengaja dibawa. (aksansanjaya)


Sunset di Pantai Putat Belinyu Pulau Bangka
Dua penikmat sunset pantai putat
  
Sunset di Pantai Putat Belinyu Pulau Bangka
batu penghias pantai putat dikala sunset

Sunset di Pantai Putat Belinyu Pulau Bangka
style ss menambah keunikan tekstur laut pantai putat

Komentar

tri cihui mengatakan…
keren sekali yaa
Anonim mengatakan…
Udah lama aku gak plg bgka...
Jdi kangen am kampung hal ku trcinta tanjung gudang :)

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.