Jumat, 27 April 2012

Mengejar Sunset di Putat

>
Belinyu, untuk ke sekian kali mengunjunginya seakan tak ada bosannya. Bukan sekali dua, namun seolah Belinyu selalu menyimpan pesona tersendiri. Sebuah magnet dari Utara Pulau Bangka. Menohok hati ke tempat terjauh, seolah memanggil selalu untuk kembali.

Selain remahnya otak-otak ikan panggang itu. Atau Kemplang dan aneka produk penganan berbahan ikan air laut segar. Pantainya menawarkan pesona tersendiri. Beragam lokasi pantai seolah surga tersembunyi.


Sunset dari sela pepohonan bakau


Ada pantai yang dekat, Pantai Putat, Tanjung Gudang, Pantai Lepar dan Batu Dinding. Air lautnya rata-rata jernih dan berbatu. Ada yang cukup jauh namun tak kalah indahnya, semacam Pantai Penyusuk lengkap dengan paket tiga pulaunya yang terhampar di depan pantai berbentuk tanjung ini. Ada pula Romodong yang khas entri masuknya diapit gapura alami, dua batu besar teronggok mengapit jalan.

Semuanya terasa lengkap dengan pesona matahari tenggelam. Momen yang tak bisa dirasakan secara maksimal di setiap daerah. Sepengetahuan saya, cuma Mentok dan Belinyu yang dapat anugerah ini.

Anda boleh berkunjung dan melewati waktu bersama orang tercinta. Sekedar kuliner atau wisata satu hari penuh. Untuk menjelajahi kota Belinyu. sebuah distrik yang dulu pernah ada di jaman Belanda.

Kota tua lengkap dengan rumah-rumah Belanda. Kantor kantor perusahan Timah Belanda. Tentu saja, menikmati kearifan lokalnya. Dan sebuah momen berharga, sunset di sore hari. 

Kali ini, saya berjodoh dengan cuaca yang pas. Meski hujan melanda setiba di Belinyu pada sore sekitar pukul 16.00, namun alam berkata lain. Ketika pukul 5.00 sore, niat kami tersampaikan. Sunset muncul disela-sela awan mendung. Putat adalah lokasi yang dipilih mengingat jaraknya yang dekat. 

Pun lokasi ini sangatlah keren. Bebatuan kecil serta perahu nelayan tampak muncul diatas air. Warna orange di pukul 5 lewat semakin memerah ketika matahari beranjak turun hingga tenggelam. Air laut tampak pasang tenang. Kali ini kami beruntung. Luar biasa dan momen itu tentu saja terekam dalam kamera yang sengaja dibawa. (aksansanjaya)


Dua penikmat sunset
  
batu penghias pantai putat dikala sunset

style ss menambah keunikan tekstur laut pantai putat

  • i
Posting Komentar