Kamis, 06 Oktober 2011

Blurring & Panning ala Aksansanjaya

>

Panning sebuah teknik dalam fotografi, dimana objek difoto sharp/tajam sedangkan latar belakang/ back ground menjadi blur. Bermain dengan teknik satu ini akan memberi semacam emosi tersendiri bagi sebuah foto. apalagi yang berkenaan dengan olahraga atau something yang bergerak.

   


 

Bereksperimen dengan teknik ini gampang-gampang susah. Penentuan sifat cuaca/ cahaya terlebih dahulu apakah siang hari, sore atau malam. Yang pasti penggunaan Panning biasanya dengan speed yang rendah, dan adanya penggerakan kamera searah gerak obyek sehingga dihasilkan foto yang tajam.
Sejumlah foto berikut ini diambil ketika karnaval di sungailiat. Bersama dengan komunitas fotografer sungailiat, momen menyambut kemerdekaan ini jadi santapan empuk fotografer amatiran lokal. 
Tak semua gambar dibuat dengan teknik panning, ada juga Blurring. teknik ini kebalikannya dari panning, dimana obyek menjadi blur/ tidak tajam, sedangkan background menjadi tajam. penggunaan speed rendah tetap, namun tetap menggunakan tripod. dan kamera tidak digerakkan cukup didiamkan saja. 
So, jadilah ia seperti berikut, blurring dan panning ala aksansanjaya.









  • i
Posting Komentar