Langsung ke konten utama

Simple Area for Fotografi

Terkadang sesuatu yang dekat di sekitar bisa menjadi space yang menarik untuk ajang foto-foto. Rerumputan yang tumbuh di sekitar teras rumah. Dengan bunga yang tumbuh liar dapat menjadi latar dari sebuah foto yang aduhai. Ilalang yang tumbuh bebas di pekarangan rumah, juga dapat menjadi background utama dari sebuah subyek.

Ornamen-ornamen hidup ini menjadi pelengkap dari sebuah foto. Kekontrasan dapat diraih secara maksimal dengan memanfaatkan ornamen ini. Apalagi jika berbicara tentang portrait atau model photography. Bermain-main dengan ujung dedaunan, bunga dari rumput liar akan menghasilkan frame yang menarik.


Ditambah dengan komposisi yang apik. Penempatan subyek utama diantara space atau bidang bidik. Elemen-elemen hidup ini dapat menjadi background sekaligus foreground yang apik. Dari beberapa foto berikut saya mencoba memanfaatkan pekarangan radio Dunia Dangdut Sungailiat yang bertempat di Taman Hiburan Rakyat Sungailiat.


Saya mencoba mengeksplore ornament-ornamen hidup ini. Diantaranya ilalang yang tumbuh subur. Rumput-rumput liar dengan bunga liar yang tumbuh disela-sela paving block yang lapuk. Dalam foto berikut saya mencoba bereksperimen dengan ornament tersebut. Hijau menjadi dominan.

Pemanfaatan lensa fix juga saya maksimal untuk mempertegas obyek foto. Diharapkan dengan ruang sempit yang tipis, isolasi obyek akan dapat dicapai. Focus dari sebuah foto pun akan jelas.







Berhubung, foto-foto karena dadakan makanya, unsur kostum tidak menjadi perhatian. Kalau untuk foto yang lebih wow, pemanfaatan kostum yang cerah semacam merah atau kuning bias menjadi pertimbangan. Selamat menikmati.(Aksansanjaya)

Komentar

Anonim mengatakan…
Ini pakai kamera apa, bang?
basically, saya pengen banget mahir fotografi.... tapi cuma punya kamera saku Canon doang... ada ide untuk memanfaatkan kamera itu agar lebih menarik hasilnya??????????
bloggerbangka mengatakan…
kamera nikon bang,
mengenai gear, jadi inget istilah
"man behind the gear", bagus ato tidaknya foto bukan karna gear semata, namun orang yang mengendalikan kamera itu,
hasilnya akan menarik, terus foto dan banyak belajar....

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.