Langsung ke konten utama

Part of My "Work"

...Mengkirai ternyata tak tidur, ia beranjak keluar. Decit kayu alas pondok berbunyi kecil namun lembut. Langkah kakinya menjauh lima meter dari pondok. Selinting rokok dibakar dengan korek api yang tinggal sebatang itu. Dalam gelap, bara rokonya seperti Medi. Hantu bola Cina yang terbang kesana-kemari. Namun ini tak terbang dan berukuran kecil. Warna nyalanya kontras dengan hitam.

Wajahnya ditengadahkan ke atas. Tampak memandang bintang dalam ragam formasi itu. Rasi bintang yang berupa itu seakan magnit tersendiri bagi Mengkirai. Kalau boleh disebut, ia adalah astronom atau astrolog senior sejak masa yang lalu.

Pengamatannya terhadap bintang entah mengapa memang sejak masih kanak. Ia sejak berumur 10 tahun memang betah berlama-lama memandang langit malam. Kesukaannya tak diherankan urang kampong. Mereka tahu hal itu, meski kadang tak mengerti apa maksud dari semuanya. Ia bukan nelayan samudera sana, namun petani.

Menguap untuk beberapa kali, matanya mulai menutup dengan sendirinya. Ketidak sinkronan ini adalah tanda untuk tidur kawan. Yang diberi tanda, tetap tak beranjak, membelakangi pondok, ia malah menggerakkan kaki kanan ke depan, lalu kiri, lalu bergantian dalam kecepatan setengah berlari menuju bukit depan, dimana garis-garis hitam meluas sepandangan mata. Ladang sawah menguning ketika ditimpa sinar malam seperti itu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Daerah Bangka Belitung, Lima Lagu Bahasa Bangka

Ada beragam lagu daerah bangka belitung dengan kekhasan masing-masing. Lagu daerah Bangka Belitung adalah lagu-lagu yang diciptakan dari sebuah pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu dimaksud. Lagu daerah bangka belitung ini menggambarkan sebuah suasana seperti suka duka hidup berkebun seperti tercermin dalam lirik lagu "Yok Miak", coba resapi lirik lagunya

Setelah Melihat foto-foto berikut, ternyata inilah Wajah Bangka Tempo Dulu

Kalau kini fotografer menggunakan drone untuk memotret dari ketinggian dalam angle bird eye, maka bagaimanakah fotografer dahulu berhasil mengabadikan objek-objek terutama yang berhubungan dengan era kolonial. Itulah yang membuat saya penasaran. Apakah mereka naik pohon yang tinggi?, apakah menggunakan balon udara?, atau menggunakan pesawat terbang.
Setidaknya pertanyaan itu muncul ketika saya menemukan foto hotel Menumbing yang terletak di Gunung Menumbing yang dijepret dari sudut mata burung atau langit pada tahun 1935 an itu. Meskipun saya tak menemukan data exif utuh, namun saya yakin tampaknya hotel Menumbing, yang merupakan tempat presiden pertama Ir.Soekarno pernah ditahan tersebut dijepret dari atas pesawat. Sebab itulah opsi yang paling masuk akal. Teknologi yang memungkinkan bagi fotografer untuk memotret dengan perspektif mata burung adalah dengan menaiki pesawat terbang pada era sebelum drone.

Inilah Foto-foto Kampus dan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balunijuk

Universitas Bangka Belitung (UBB) semula berstatus swasta berdiri sejak 2006 lalu kemudian resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sejak 2010 adalah termasuk Perguruan Tinggi Negeri Baru yang makin menunjukkan kelasnya diantara PTN lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai dan kini memasuki jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Nanti setelahnya akan memasuki periode SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan terakhir adalah tahapan SNMPTN.